Sarch Aviation abbreviations and acronyms

Custom Search

U.S. NOTAM office

 
NOTAM Retrieval
Enter up to 50 ICAO Identifiers, separated by a space:
Text Type: Report Raw
   FAA Special Use Airspace(SUA) Information
  Always Check Attention Notices for the most up to date information
  on DoD flight planning.
  The U.S. NOTAM office specialists do not provide NOTAM briefings.

Indonesia Butuh 3.000 Petugas ATC

Posted 00.06 by aviasi in Label:
JAKARTA (Suara Karya): Indonesia membutuhkan sedikitnya 3.000 personel tenaga teknisi pengatur arus lalu lintas udara (air traffic control/ATC) hingga 4 tahun ke depan. Penambahan personel ATC tersebut dalam upaya menyamakan pelayanan pemanduan lalu lintas udara Indonesia dengan Australia dan Singapura.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Departemen Perhubungan (Dephub) Budhi Mulyawan Suyitno mengatakan, laju pertumbuhan pesawat kian tinggi seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang. Karena itu, pemerintah sangat berharap Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) mampu memenuhi permintaan tenaga ATC tersebut.

Ini untuk mengimbangi laju pertumbuhan jumlah pesawat yang pesat hingga dua kali lipat. Mereka (tenaga ATC) nantinya akan kita sebar ke seluruh Indonesia, kata Budhi usai acara serah terima Approved Air Traffic Service Training Provider & AMTO Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Jakarta, kemarin.

Dengan jumlah tenaga ATC yang memadai, diharapkan kualitas pelayanan penerbangan Indonesia akan mampu menyamai personel ATC di negara-negara lain. Saat ini personel ATC di Indonesia umumnya belum memiliki kompetensi yang sama sehingga diperlukan pelatihan tambahan guna meningkatkan kualifikasi. Dan untuk merealisasikan rencana tersebut, selain menambah jumlah personel, kualitas sumber daya manusia yang telah ada saat ini juga akan diperbaiki.

Kemampuan sumber daya manusia harus ditingkatkan. Seperti yang di AP (Angkasa Pura) I dan II, perlu disamakan, baik itu dari tingkat gaji maupun kompensasinya. Dan yang terpenting adalah meningkatkan keterampilan dan kemampuan seluruh personel, tuturnya.

Dia berharap, dengan ditetapkannya Approved Air Traffic Service Training Provider dan berbekal perpanjangan sertifikat Approved Maintenance Training Organization (AMTO), STPI dapat meningkatkan jumlah lulusan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan personel ATC.

Sekarang STPI telah memiliki kewenangan untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan keahlian bidang pemanduan lalu lintas udara serta perawatan pesawat udara. Atas dasar itu, STPI harus terus meningkatkan mutu serta kualitas lulusannya, kata Budhi.

Sementara itu, Kepala Badan Diklat Perhubungan Dedi Darmawan mengatakan, saat ini STPI baru meluluskan rata-rata 40-60 orang personel ATC per tahun. Jumlah tersebut masih jauh dari cukup untuk memenuhi permintaan saat ini.

Untuk memenuhi permintaan ATC yang diajukan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II saja STPI masih kewalahan. Karena kebutuhannya lebih dari itu, yakni mencapai dua kali lipatnya, katanya.

Menurut dia, STPI berusaha menambah jumlah lulusan personel ATC dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Ditjen Perhubungan Udara Dephub. (Syamsuri S)

Sumber: Suara Karya Online
http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=205825

0 comment(s) to... “Indonesia Butuh 3.000 Petugas ATC”

0 komentar:

Posting Komentar


Your Ad Here

Satellite Images


Latest ASEAN Image (click here to enlarge)

 

Image Loop

Animation of past

24-hour images

 

Airport Database




Pressure Conversion

Pressurei
to
Pressuref


Temperature Conversion

Fahrenheit (oF)  to Celsius (oC)
Celsius (oC)  to Fahrenheit (oF)


Windspeed Conversion

Windi to Windf


Heat Index

Temperature (oF) Relative humidity (%)
  Heat index (oF)


Relative Humidity

Temperature (oF) Dew point (oF)
  Relative humidity (%)


Windchill

Temperature (oF) Wind speed (mph)
  Windchill (oF)


A JNLP File for the Flight Path Tool Application. @version 1.0 @date 2004/9/30 @author Arnaud Dumont --> Flight Path Tool - v2 NCAR - RAL Flight Path Tool Flight Path Tool The new ADDS Flight Path Tool, based on the JADE application framework